Breaking News

Idul Adha, RSU Permata Hati Potong 10 Ekor Hewan Qurban


DURI  - Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah diperingati Rumah Sakit Umum (RSU) Permata Hati dengan melakukan penyembelihan hewan qurban dari para shohibul qurban yaitu pegawai RSU, dokter, perawat dan karyawan RSU Permata Hati dipotong di halaman belakang RSU Permata Hati Jalan Sudirman Kota Duri.


Total sebanyak 10 ekor sapi yang akan di qurban. Adapun 6 ekor sapi untuk karyawan karyawati dan warga sekitar dan 4 ekor sapi lagi untuk masyarakat di luar RSU Permata Hati antaranya Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) Duri lalu dibagikan untuk Partai PKS. Penyembelihan dilakukan di halaman belakang rumah sakit pada hari Senin tanggal 17 Juni 2024 disembelih langsung oleh dr Fidel Datuk Majo Baso owner RSU Permata Hati Duri.




Acara pembukaan penyembelihan hewan kurban ini dibuka oleh dr Fidel Datuk Majo Baso owner RSU Permata Hati Duri dan juga Ketua Panitia, serta disaksikan oleh para shohibul qurban. Turut hadir pula jajaran manajemen rumah sakit serta dr Gumana dan dr Erry Franto, direktur dr Efriyanti dan tim sebagai pihak yang akan menyembelih hewan qurban.




Hewan-hewan yang akan diqurbankan tersebut diperiksa kesehatannya oleh tim baik kesehatan fisik sebelum dipotong maupun kesehatan organ dalam setelah dilakukan penyembelihan.


Hal ini dilakukan sebagai upaya dari RSU Permata Hati untuk memenuhi syarat hewan qurban dari segi syariat Islam serta kesehatan dan kelayakan yang harus dikonsumsi.


“Dengan berqurban ini tentunya sebagai ibadah kita kepada Allah, juga meningkatkan ketaqwaan dan keihlasan kita. Semoga apa yang kita qurbankan ini sama besarnya dengan pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.” papar dr Fidel Datuk Majo Baso.


dr Fidel Datuk Majo Baso menambahkan kegiatan ini dapat menjadi ajang mempererat silaturahmi antar pegawai serta menjaga kekompakan dan kerja sama. Manajemen RSU Permata Hati juga berharap agar kegiatan berqurban di RSU Permata Hati ini dapat terus terlaksana di Idul Adha selanjutnya serta jumlah pegawai dan herwan qurbannya semakin meningkat disertai dengan keimanan yang juga meningkat pula.


Selanjutnya pendistribusian daging qurban oleh dr Fidel Datuk Majo Baso, diserahkan kepada pegawai RSU Permata Hati yang berhak menerima, Kepada Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) Duri, Partai PKS, serta warga sekitar rumah sakit.


Sementara itu, berbeda dengan aktifitas kurban di sejumlah tempat yang didominasi kaum pria, di lokasi pemotongan hewan kurban RSU Permata Hati ini justru terlihat dominasi kaum hawa. Beberapa aksi pemotongan daging, pencucian isi perut, mencincang tulang hingga memasukan daging ke dalam plastik justru di lakoni kaum hawa. Maklum mayoritas karyawan RSU Permata Hati ini kebanyakan kaum hawa.


“Memang beda dibanding tempat lain. Disini kebanyakan masalahnya di lakoni kaum ibu. Maklum 80 persen karyawan kami adalah kaum ibu,” ujar Direktur RSU Permata Hati, dr Efriyanti.

Tidak ada komentar

Tag Terpopuler