Breaking News

Afrizal, S.H Ajak Masyarakat Memaknai Arti Kemerdekaan

 


BENGKALIS - Pada 2024, Indonesia akan memasuki 79 tahun kemerdekaan. Merdeka dari penjajahan yang dilakukan negara lain selama berabad-abad lamanya. Dengan kemerdekaan yang sudah cukup lama, kita sebagai rakyat Indonesia perlu selalu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai wujud nasionalisme. 


Oleh karena itu, proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 menjadi sejarah bermakna yang perlu diperingati sebagai wujud rasa nasionalisme serta bentuk penghargaan terhadap perjuangan para pahlawan yang mengorbankan segenap jiwa raga demi mengibarkan bendera Merah Putih.


Pembacaan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia pertama kali dikumandangkan oleh Ir Soekarno sebagai Presiden pertama Indonesia pada 17 Agustus 1945. Kemerdekaan bukan sekadar perayaan, tetapi menjadi suatu momen yang tepat untuk mendalami kembali makna di balik kemerdekaan.


Dalam momentum ini, Ketua Umum LSM-RSMBR Afrizal, S.H menyampaikan pandangannya tentang kemerdekaan. "Selamat Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79. Perjuangan panjang yang dilakukan para pahlawan bangsa selama kurang lebih 300 tahun untuk memerdekakan bangsa tidak bisa dipandang sebelah mata. Mereka rela meninggalkan keluarga dan mempertaruhkan nyawa dalam melawan penjajahan untuk mewujudkan kemerdekaan bagi nusantara. Namun, yang perlu kita ketahui, khususnya bagi generasi muda, kita tidak dapat duduk santai di rumah tanpa melakukan hal apa pun. Seperti dalam sejarah, banyak generasi muda yang membantu dalam melawan penjajahan. Kita sebagai generasi muda saat ini juga harus terus berjuang demi terwujudnya kehidupan bermasyarakat yang adil dan makmur,"jelasnya.


Dirinya meminta kepada seluruh masyarakat, untuk harus menjaga yang ditinggalkan oleh para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. 


"Perlu juga kita renungkan setiap saat, sebenarnya sudah seberapa besar energi yang telah kita berikan bagi bangsa ini. Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia yang telah diusahakan oleh pahlawan kita terdahulu dapat dijadikan sebagi momen untuk mempersatukan seluruh rakyat. Dari Sabang sampai Merauke, orang-orang yang merasa memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi akan selalu berteriak, "Aku Indonesia!. Mari kita jaga kemerdekaan ini dengan cara kita masing-masing sesuai dengan bidangnya."pungkasnya.

Tidak ada komentar

Tag Terpopuler